Thursday, February 18, 2010

Riam Macan

Sanggau :Ketika kita berkunjung ke salah satu kota, seringkali pertanyaan yang muncul di benak kita adalah untuk mencari tempat rekreasi apa yang bagus di kota tersebut. Begitu halnya apabila kita berkunjung ke kota Sanggau, sebuah ibukota Kabupaten di Kalimantan Barat. Ada banyak tempat rekreasi alam yang tersedia disana, diantaranya kita dapat melihat keindahan sungai kapuas di sore hari, yaitu salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Ada juga istana kerajaan melayu, Bukit Sanggau Permai dan beberapa tempat wisata alam lainnya seperti air terjun (water fall), Riam Pancur Aji dan Riam Laverna.

Nah, untuk kali ini saya akan berbagi informasi kepada pembaca mengenai salah satu tempat wisata air terjun yang cukup terkenal di Sanggau, namanya Riam Macan. Pada saat hari-hari libur, obyek wisata ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang datang untuk menikmati udara segar sambil mandi dan berenang di aliran sungai yang deras, serta melihat pemandangan alam yang cukup indah disekitar air terjun.


Lokasi Riam Macan dari Kota Sanggau hanya kurang lebih 25 menit apabila ditempuh dengan kendaraan bermotor. Menuju ke arah Barat (arah Pontianak), tepatnya di dusun kecil yang bernama Sei Mawang. Di Riam Macan ini sudah tersedia beberapa fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti pakaian, tempat ibadah, warung-warung yang menjual makanan dan minuman serta lokasi parkir yang cukup luas.

Saat pengunjung mulai memasuki lokasi (sekitar 5 menit dari jalan utama), pemandangan alam dengan bukit-bukit dan kebun-kebun warga mulai menyambut kedatangan para wisatawan. Akses jalan yang mulus dan diaspal membuat kita merasa nyaman untuk datang ke lokasi Riam Macan ini.

Suasana di lokasi air terjun sangak sejuk, karena masih banyak pohon-pohon rimbun dan udara yang lembab akibat percikan embun dari hempasan air terjun ke batu. Suara gemuruh air yang jatuh ke bebatuan mampu membuat kita lupa akan rutinitas kita sehari-hari. Rasa stres dan capek akan segera hilang saat kita berenang di aliran air yang deras dan berbatuan. Oh ya, ada satu info yang hampir terlupakan. Kalau di Riam Macan ini ada jembatan gantungnya loh, nah kalau kamu datang kesana jangan lupa untuk mengabadikan kedatanganmu di jembatan itu dengan camera atau handycam. Cukup asyik kalau kita lewati karena jembatan akan bergoyang, tapi jangan takut jembatan itu aman kok ngak bakalan putus, karena dibuat menggunakan tali baja.

Memang selain Riam Macan, disekitar kota Sanggau masih ada beberapa obyek wisata air terjun lainnya, diantaranya Riam Semboja dan Riam Ensilup. Namun dari sisi pengelolaan dan akses menuju ke lokasi, Riam Macan sudah dikelola secara profesional dan terawat. Akses menuju ke lokasi juga jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan lokasi air terjun lainnya.

Kita berharap obyek wisata yang ada seperti Riam Macan ini dapat terus terpelihara dan dikembangkan untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kan itung-itung bisa mendatangkan devisa untuk kabupaten Sanggau dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Semoga informasi ini dapat menjadi salah satu referensi berharga bagi anda, saat merencanakan kunjungan atau berlibur di kota Sanggau. Nikmatilah dan jangan lewatkan, Riam Macan dengan dengan segala pesona alamnya.

8 comments:

  1. Kunjungan Balik bro,
    akhir ah namah satu agik blog nebiak sangau.. tau kolak kita betukar link tu'.. link diri' dah ku tempel antong aku bah?
    O ya, tolong gak begabong di Sanggau Blogger Community : http://www.sanggaublogger.co.cc/
    inang ajom bah?

    Sanggau blogger mari qta bersatu membangun Sanggau

    ReplyDelete
  2. Asik... makin banyak jak nebiak sangau yang ngeblog, Sip... sekalian aku nak ngorah tukaran link bo,

    begoyap ke blog kuh bah...

    ReplyDelete
  3. Pasti kawan, mari sama2 kita promosikan Sanggau tercinta...

    ReplyDelete
  4. Anda berminat kerja online?
    Silakan klik link ini http://www.penasaran.net/?ref=5idar5
    Selanjutnya, masukkan NAMA dan EMAIL mas/mbk sekalian. Dari situ, mas/mbk akan mengetahui inf0rmasi cara kerja program tersebut.
    Kunjungan mas/mbk sangat saya harapkan. Meskipun sekedar mendaftar tanpa ikt bergabung, tdk mslh. Yang penting sudah berkenan u/ berkunjung ^^...
    Cara kerjanya sangat mudah, anda di tugaskan mengisi data online NAMA dan EMAIL. Setiap data yg anda isi, anda di bayar Rp10.000... / data.
    Anda juga berhak mendapat bonus sebesar Rp 200.000 setelah anda bergabung & bonus 2 juta/bulanny kalo anda berhasil kumpulkan 200 data valid/aktif.
    Apabila bergabung, tugas mas/mbk nanti hanya mencari NAMA dan EMAIL yg valid dari para clickers. Karena untuk dijual oleh program tersebut ke perusahaan2 periklanan yang membutuhkan data valid para pelanggan. Makanya, mereka berani membayar mahal mas/mbk.
    Jangan lupa bersedekah abis gajian ya ^^
    Salam sukses..

    ReplyDelete
  5. Salah satu dari beberapa wisata alam di sanggau, saya bangga lahir dan besar di sanggau, mari kita majukan sanggau dan naikan potensi wisata sanggau

    Visit my web :
    Kaos Sanggau, oleh-oleh khas sanggau bisa dicari disini
    http://www.gensapa.com/

    ReplyDelete
  6. saya lagi cari tanaman nih, namanya bucephalandra dari sanggau, kalo ada yang tau tentang tanaman bucephalandra ini tolong kontak saya y alfarizi 085716047546 bogor

    ReplyDelete
  7. bucephalandra itu tanaman air, gambarnya seperti ini http://3.bp.blogspot.com/-YDnp9rb2z2M/T1g_yUk_MSI/AAAAAAAAAj4/rQ48NHmKgLI/s1600/DSCN5688.JPG, tinggalnya di pinggir sungai, kalo ada yang menemukan kontak saya y

    ReplyDelete
  8. Herbal Jantung Tanpa Efek Samping

    ReplyDelete